Tumbuhan yang Punya Keunikan, dari Kaktus Sampai Bunga Bangkai

Posted on

Tidak hanya hewan, tumbuhan juga punya ciri tertentu sesuai dengan lingkungan area hidupnya.

Teman-teman pernah melihat atau pelihara kaktus? Habitat asli tumbuhan kaktus adalah padang pasir yang tandus.

Pernahkah anda berpikir, bagaimana langkah tumbuhan ini bertahan hidup di lingkungan yang gersang layaknya itu?

Ternyata kaktus sesungguhnya punya ciri tertentu yang sanggup membuatnya bertahan hidup di padang pasir. Yuk, cari tahu!

Cari tahu juga contoh tumbuhan lain yang punya ciri khusus.

1. Ciri Khusus pada Kaktus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kaktus sanggup bertahan hidup di area yang gersang. Mengapa sanggup begitu?

A. Batang sebagai Tempat Cadangan Air

Ternyata kaktus punya batang sukulen, yang sanggup menaruh cadangan air.

Cadangan air ini sanggup didapatkannya berasal dari air hujan. Jika hujan turun, kaktus bakal menyerap air sebanyak mungkin.

Selain itu, kaktus juga punya akar yang panjang dan tersebar di tanah. Akar ini juga menyerap air dan zat hara. Lalu kaktus menyimpannya di di dalam batang.

Kalau teman-teman perhatikan, batang kaktus sesungguhnya terlihat menggembung. Namun, kecuali musim kemarau tiba, batang kaktus menjadi mengerut. Sebab, ia menjadi manfaatkan cadangan air di dalam batangnya. Biasanya kaktus sanggup bertahan sepanjang dua tahun di musim kering.

B. Duri Mengurangi Penguapan

Berbeda dengan tumbuhan lain, kaktus terlihat tidak punya daun. Padahal sesungguhnya kaktus punya daun, lo.

Hanya saja, daun kaktus mengalami pergantian wujud atau modifikasi jadi duri. Bentuk daun layaknya ini, sebabkan kaktus jadi sanggup mengurangi penguapan.

2. Ciri Khusus pada Teratai

Bunga teratai salah satu tanaman yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan.
Siapa yang pernah melihat langsung tumbuhan teratai? Teratai juga group tumbuhan air. Karena itu, kebanyakan teratai sesungguhnya kerap dijumpai terapung di permukaan air.

Daun teratai berbentuk bundar dan punya stomata di permukaan atas daunnya. Stomata atau semacam pori-pori kecil ini, memudahkan pengeluaraan uap air ke udara.

Selain itu, terartai juga punya permukaan daun yang lebar. Hal ini sebabkan sistem penguapan terjadi lebih cepat.

Mungkin teman-teman bertanya, kecuali teratai terapung di permukaan air, bagaimana dengan akarnya? Akar teratai terbenam di di dalam lumpur atau terapung di badan air, teman-teman.

Lalu, teratai juga punya batang yang berongga. Nah, rongga-rongga ini berfungsi sebagai jalan udara. Sehingga teratai selamanya sanggup bernapas meskipun berada di di dalam air.

O iya, bunga teratai berbentuk layaknya cawan. Biasanya berwarna putih, kuning, atau merah muda. Teman-teman pernah melihat yang berwarna apa?

3. Ciri Khusus pada Kantong Semar

Kantong semar tumbuh liar di banyak area di semua dunia, juga di Indonesia.

Kantong semar berlainan dengan tumbuhan pada umumanya. Sebab, tumbuhan ini memangsa serangga. Bagaimana langkah tumbuhan sanggup memangsa serangga?

Rahasianya tersedia di corong pada bagian dindingnya, yang membuahkan cairan manis berbau madu. Cairan inilah yang menarik serangga untuk mendekatinya.

 

Setelah serangga mendekat dan hinggap, serangga bakal tergelincir jatuh ke bagian di dalam corong. Sebab, corong ini licin dikarenakan berlapis lilin.

Serangga yang tidak sanggup menapak itu pun kelanjutannya tenggelam di dalam cairan. Cairan ini kemudian mencerna serangga dan sebabkan cairan tadi jadi kaya bakal zat makanan.

Zat makanan ini lalu diserap oleh dinding bagian di dalam dan dibawa ke semua bagian tumbuhan.

4. Ciri Khusus pada Bunga Bangkai

Ada beberapa jenis bunga bangkai (Amorphophallus), yang paling tenar adalah bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium).

Diameter bunga ini sanggup mencapai 50 cm. Sementara beratnya sanggup lebih berasal dari 50 kg.

Bau busuk yang dikeluarkan bunga bangkai menarik hewan layaknya lalat, kumbang kotoran, dan kumbang bangkai untuk berkunjung mendekati.

Ini sebabkan penyerbukan bunga bangkai Amorphophalus jadi lebih mudah.

Selain Amorphophalus, bunga yang juga mengeluarkan bau busuk yaitu bunga raksasa Rafflesia arnoldii.