Tapal Kuda di Pintu Rumah Sebagai Keberuntungan di Banyak Negara, Apa Alasannya?

Posted on

Ada beraneka benda di kurang lebih manusia yang dianggap sebagai lambang keberuntungan. Simbol keberuntungan itu ada yang berupa makhluk hidup dan ada yang berupa benda mati.

Beberapa lambang keberuntungan yang terkenal andaikata ada tanaman semanggi berdaun empat, dream catcher berasal dari budaya suku asli Amerika, dan kucing maneki-neko berasal dari Jepang.

Nah, dalam budaya Eropa termasuk ada lambang keberuntungan yang terkenal, nih. Simbol keberuntungan ini umumnya dipasang orang Eropa di pintu rumah atau pintu gerbang, yakni tapal kuda!

Ternyata, ada kisah berasal dari beraneka negara Eropa tentang asal mula tapal kuda yang dianggap menjadi lambang keberutungan, nih.

Seperti apa kisahnya, ya? Yuk, kita cari tahu!

Kegunaan Tapal Kuda

Tapal kuda adalah pelat berasal dari logam yang berupa seperti huruf ‘U’. Selain disebut sepatu kuda, tapal kuda termasuk dapat disebut ladam.

Fungsi berasal dari tapal kuda adalah memelihara kuku kuda supaya tidak terkikis oleh permukaan yang keras atau kasar.

Manusia membuatnya gara-gara kuda hidup dekat bersama dengan manusia, menjadi berasal dari dijadikan alat transportasi hingga mengangkut barang.

Awalnya tapal kuda ini digunakan oleh bangsa Romawi, teman-teman. Berbagai type tapal kuda termasuk sudah digunakan oleh suku-suku Eurasia sejak sebelum saat Masehi.

Namun type tapal kuda yang sekarang menjadi banyak digunakan di Eropa kurang lebih abad ke-5.

Selain digunakan sebagai sepatu kuda, tapal kuda termasuk dianggap sebagai lambang keberuntungan, nih. Kok bisa, ya?

Kisah di Balik Tapal Kuda yang Dianggap Simbol Keberuntungan

Dalam lebih dari satu budaya di dunia, terutama budaya Eropa, tapal kuda digantungkan di pintu masuk rumah, diberikan sebagai hadiah, atau lebih-lebih dibikin menjadi perhiasan, lo.

Jika tapal kuda dipasang di pintu rumah bersama dengan anggota yang terbuka dipasang menghadap ke atas, ini dianggap dapat mengumpulkan keberuntungan berasal dari sekitarnya.

Sedangkan, jikalau anggota yang terbuka dipasang menghadap ke bawah, ini dianggap membagikan keberuntungan bagi seluruh hal yang melalui pintu itu.

Kepercayaan seputar tapal kuda sebagai lambang keberuntungan ini termasuk sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Rupanya asal mula kepercayaan ini termasuk berasal berasal dari legenda yang berbeda-beda, teman-teman.

Kisah Tapal Kuda sebagai Simbol Keberuntungan di Irlandia

Di Irlandia, kisah tentang tapal kuda sebagai lambang keberuntungan bermula berasal dari seorang pandai besi pada abad ke-10.

Suatu hari, pandai besi sedang bekerja membuat tapal kuda. Tiba-tiba, iblis keluar dan dambakan dibuatkan sepatu.

Karena sadar bahwa sosok itu adalah iblis, si pandai besi pun mengambil alih tapal kuda yang masih mendidih dan memakunya di kuku si iblis.

Setelah pergi, iblis pun menjadi kesakitan dan membebaskan tapal kuda itu. Ia termasuk menjelaskan jikalau tidak bakal ulang ulang ke sana.

Karenanya, di Irlandia ada normalitas menggantungkan tapal kuda di depan pintu masuk rumah. Ini dipercaya dapat mengusir roh jahat.

Kisah Tapal Kuda sebagai Simbol Keberuntungan di Eropa Barat

Di lokasi Eropa Barat, ada kisah yang tidak sama tentang tapal kuda sebagai lambang keberuntungan.

Pada zaman sebelum saat masehi, masyarakat di Eropa Barat mempercayai jikalau logam besi punyai kebolehan magis.

Mereka percaya besi dapat mengusir makhluk yang jahat. Zaman dahulu di sana termasuk ada banyak cerita rakyat tentang makhluk mistis dan peri yang jahat.

Karena tapal kuda dibikin berasal dari logam besi, mereka percaya jikalau tapal kuda mengusir peri yang jahat.

Kemudian ada termasuk legenda tentang penyihir yang risau pada tapal kuda besi. Karena itu mereka bepergian gunakan sapu terbang.

Bangsa Chaldea termasuk percaya jikalau wujud sabit berasal dari tapal kuda memelihara mereka berasal dari pandangan mata yang jahat.

Selain itu, wujud tapal kuda yang digantung di pintu rumah termasuk dianggap melambangkan bulan sabit. Simbol bulan sabit termasuk dianggap dapat mengusir roh jahat dan penyihir.