Kalau Jumlahnya Terbatas, Bagaimana Jika Minyak Bumi Habis?

Posted on

Setiap hari, manusia membutuhkan bahan bakar fosil yang diolah jadi bahan bakar minyak untuk keperluan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah penggunaan bahan bakar minyak untuk bahan bakar penggerak bagi kendaraan bermotor.

Selain untuk bahan bakar kendaraan bermotor, minyak bumi juga digunakan untuk bahan bakar listrik yang digunakan sehari-hari.

Apakah teman-teman tahu dari mana bahan bakar minyak ini berasal?

Bahan bakar minyak yang kita mengfungsikan setiap hari berasal dari pengendapan fosil hewan dan tumbuhan sepanjang jutaan tahun, yang lantas berproses sampai jadi minyak bumi yang siap ditambang dan diolah.

Minyak bumi disebut sebagai sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui atau tidak terbarukan.

Wah, apa yang memicu minyak bumi tidak sanggup diperbaharui, ya? Ketahui juga apa yang akan terjadi minyak bumi habis, yuk!

Minyak bumi merupakan Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbaharui

Sumber kekuatan alam dibagi jadi sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui dan tidak sanggup diperbaharui.

Sumber kekuatan alam yang sanggup diperbaharui bermakna sumber kekuatan alam itu sanggup digunakan terus menerus dan tidak akan habis.

Sebaliknya, sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui adalah sumber kekuatan alam yang jumlahnya terbatas dan akan habis jikalau dipakai terus menerus.

Nah, minyak bumi merupakan sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui, karena jumlahnya yang sanggup habis jikalau digunakan terus menerus.

Hal ini disebabkan karena minyak bumi terbentuk dari sistem pengendapan fosil hewan dan tumbuhan yang terjadi sepanjang jutaan tahun.

Agar minyak bumi ulang tersedia dan sanggup digunakan, maka membutuhkan kala jutaan tahun ulang sampai minyak bumi ulang tersedia.

Apa Jadinya jikalau Minyak Bumi Habis?

Minyak bumi sebagai sumber kekuatan alam yang tidak sanggup diperbaharui sanggup habis terhadap kala tertentu jikalau digunakan terus-menerus.

Lalu apa yang akan terjadi jikalau minyak bumi udah habis dan tidak tersedia persediaan lagi?

Saat minyak bumi habis, manusia akan ada problem untuk laksanakan kegiatan sehari-hari, khususnya jikalau belum menemukan kekuatan alternatif pengganti minyak bumi.

Contohnya, manusia akan ada problem bepergian karena kendaraan yang tetap mengfungsikan bahan bakar minyak.

Selain itu, ibu akan ada problem memasak, karena gas yang digunakan sebagai bahan bakar kompor juga berasal dari minyak bumi.

Listrik yang mengfungsikan kekuatan minyak bumi juga tidak sanggup menyala jikalau minyak bumi tambah menipis jumlahnya, bahkan habis.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Habisnya Minyak Bumi?

Beberapa ahli udah memperkirakan kapan sekitar minyak bumi akan menipis dan jumlahnya habis.

Pada 2016 lalu, minyak bumi diperkirakan akan habis jumlahnya dalam kala 53 tahun lagi.

Namun perihal ini belum pasti, karena tersedia beragam aspek yang mempengaruhi ketersediaan minyak bumi, salah satunya adalah pergantian iklim.

Meski persediaan minyak bumi tambah menipis, udah tersedia sebagian cara yang dijalankan untuk mencari alternatif minyak bumi.

Salah satunya adalah bersama dengan memicu alternatif energi, andaikata mengfungsikan pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga udara, atau mengolah kotoran hewan jadi gas.

Selain itu, tersedia sebagian perihal yang juga sanggup kita laksanakan untuk menghemat penggunaan minyak bumi, lo.

Menggunakan transportasi lazim dan menghemat listrik bersama dengan cara mematikan alat elektronik yang sedang tidak digunakan sanggup jadi perihal enteng yang sanggup dijalankan untuk menghemat minyak bumi.