Jangan Angtgap Enteng, Kesemek Punya Banyak Khasiat, Salah Satunya Antikanker

Posted on

Teman-teman pernah dengar buah bernama kesemek? Ada berbagai type buah kesemek. Ada yang rasanya manis, ada termasuk yang rasanya sepat.

Buah ini memang tidak terkenal seperti apel, anggur, dan jeruk. Namun, ternyata kesemek menyimpan banyak kegunaan tak terduga, lo.

Salah satu manfaatnya adalah sebagai antikanker. Mengapa mampu begitu dan apalagi manfaatnya? Yuk, cari tahu!

1. Antikanker

Kesemek kaya akan antioksidan. Senyawa ini mendukung tubuh melawan radikal bebas.

Radikal bebas dikenal mampu menyebabkan kerusakan sel sehat hingga mampu berkembang menjadi sel kanker. Radikal bebas ini terhadap akhirnya akan menyebabkan kerusakan sistem organ.

Bersumber berasal dari Hellosehat.com, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental plus Clinical Sciences Journal, karotenoid dan katekin di dalam kesemek mampu menjadi agen antikanker yang kuat.

Selain itu, kesemek termasuk mengandung antioksidan lainnya. Contohnya vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

2. Mengurangi Peradangan

Antioksidan dalam buah kesemek bukan hanya mampu menjadi antikanker, tapi termasuk mampu mendukung memulihkan peradangan dalam tubuh, lo.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kesemek termasuk kaya akan vitamin A, yang merupakan tidak benar satu komponen penting berasal dari rhodopsin. Rhodopsin adalah protein yang diperlukan tubuh untuk mampu menyaksikan bersama dengan baik.

Vitamin A termasuk mendukung mendukung kegunaan selaput konjungtiva dan kornea.

Selain vitamin A, kesemek termasuk mengandung lutein dan zeaxanthin. Ini mampu kurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang menyerang retina dan mampu membawa dampak kebutaan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah teman-teman? Vitamin C mendukung menambah sistem kekebalan tubuh. Nah, kesemek termasuk kaya akan vitamin C.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sama seperti buah-buahan lainnya, kesemek termasuk kayak akan serat. Ada banyak kegunaan serat untukk tubuh.

Seperti melancarkan pindahan makanan selagi lewat saluran pencernaan, mendukung memadatkan feses, menyingkirkan gejala sembelit, dan diare.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, kesemek mengandung flavonoid. Bersumber berasal dari Hellosehat.com, dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal Clinical of Nutrition, ditemukan fakta menakjubkan.

Lebih berasal dari 98.000 orang yang makan makanan tinggi flavonoid, berisiko 18% lebih rendah untuk mengalami kematian akibat kasus jantung.

Selain itu, makanan kaya flavonoid termasuk mampu mendukung turunkan tekanan darah tinggi dan kurangi persentase kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.