Bahaya Paksa Orang Mengganti Tangan Dominannya

Posted on

Apakah teman-teman adalah seorang yang kidal? Seseorang yang kidal artinya ia memakai tangan kiri untuk melakukan beragam aktivitasnya dan bukannya tangan kanan.

Yap, beberapa besar populasi manusia di dunia memang lebih dominan untuk memakai tangan kanan dalam beraktivitas.

Meski seseorang yang kidal terlihat berbeda gara-gara tangan kirinya lebih dominan, perihal ini tidak artinya mereka berbeda dari seseorang yang memakai tangan kanan.

Walau memakai tangan kanan maupun tangan kiri untuk melakukan beragam kegiatan memang sama saja, ada beberapa orang yang kidal dipaksa untuk lebih dominan memakai tangan kanannya.

Wah, padahal ternyata ada beragam pengaruh dan bahaya yang mampu terjadi kecuali seseorang yang kidal dipaksa memakai tangan kanan.

Ketahui apa saja bahaya memaksa orang kidal memakai tangan kanan mereka saat melakukan beragam aktivitas, yuk!

Otak Bekerja Berkebalikan bersama dengan Sisi Tubuh yang Digunakan

Berbagai perihal yang dijalankan oleh bagian tubuh miliki pusat kendali di otak, yang terbagi menjadi otak besar dan otak kecil, serta otak kanan dan otak kiri.

Saat melakukan beragam aktivitas, ternyata bagian otak yang mengendalikannya berlawanan bersama dengan bagian tubuh yang melakukan kegiatan itu.

Misalnya, seseorang yang lebih dominan memakai tangan kanan, artinya bagian otak yang bekerja adalah sebelah kiri.

Hal ini terhitung berlaku pada seseorang yang kidal, yaitu bagian otak sebelah kanannya yang lebih dominan bekerja.

Bahaya Memaksa Orang Kidal Menggunakan Tangan Kanan

Meski seseorang lebih dominan memakai tangan kanannya untuk beraktivitas sehari-hari, ia senantiasa mampu melakukan beberapa kegiatan simpel bersama dengan tangan kiri.

Seseorang yang kidal terhitung sama, yaitu senantiasa mampu melakukan kegiatan simpel bersama dengan tangan kanannya.

Walaupun seorang kidal senantiasa mampu beraktivitas bersama dengan tangan kanannya, senantiasa saja ada bahaya yang mampu terjadi kecuali seorang kidal dipaksa memakai tangan kanannya bersama dengan lebih dominan.

Memaksa seorang kidal kenakan tangan kanan lebih dominan ternyata mampu pengaruhi kemampuan motorik halus, kognitif, bahkan mengganggu konsentrasinya.

Penyebabnya ternyata bersama dengan mengganti tangan yang lebih dominan untuk digunakan, artinya perihal ini terhitung memaksa seseorang yang kidal untuk mengganti bagian otak yang lebih dominan digunakan.

Akibatnya, respons otak bakal melambat saat seseorang yang kidal dipaksa untuk mengganti tangan yang lebih dominan menjadi tangan kanan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Journal of Neuriscience menyebutkan, orang kidal yang dipaksa bergeser memakai tangan kanan miliki kerja otak yang menampik untuk berpindah.

Meski senantiasa mampu memakai tangan kanan, pergerakan yang terjadi ternyata lebih sukar dan terjadi banyak penolakan.

Mungkin ada yang telah terlanjur memakai tangan kanan walaupun seseorang lebih dominan memakai tangan kiri.

Nah, kecuali seseorang menginginkan ulang memakai tangan dominan aslinya, ada latihan yang mampu dilakukan.

Menutip dari situs dw.com, latihan untuk mengembalikan kemampuan untuk memakai tangan dominan asli ini mampu di mulai bersama dengan menggambar lingkaran.

Menggambar lingkaran ini digunakan untuk melatih motorik halus seseorang.

Setelah motorik halusnya ulang terlatih, seorang yang secara alami kidal tapi telah memakai tangan kanannya, bakal merasa berlatih untuk menulis.

Biasanya, latihan ini bakal lebih gampang dijalankan oleh anak-anak, dibandingkan bersama dengan orang yang telah dewasa.